Tips Jalan-jalan Seru ala Mahasiswa (Apa Adanya)

haram-keliling-dunia-1

Hayooo, siapa nih yang suka ngeliat atau tertarik untuk foto-foto pemandangan alam, budaya, dan hal-hal menarik lainnya di media sosial seperti Instagram? Wah, kalo iya cocok banget nih Updaters. Kenapa? Karena bakal ada tips jalan-jalan seru nih dari Kak Nur Febriani Wardi, ia adalah seorang perempuan enerjik penulis blog & buku best seller “Haram Keliling Dunia”. Yuk, kita simak tipsnya berikut ini:

1. Pilih budget airlines untuk berpergian murah di Eropa, contohnya www.ryanair.com atau www.wizzair.com. Budget airlines biasanya punya harga yang bahkan kadang lebih murah dari bus. Yang paling mahal umumnya adalah dengan menggunakan kereta.

2. Cobalah menjadi member dari www.couchsurfing.org, atau www.hospitalityclub.org untuk mencari teman yang bisa menyediakan penginapan gratis. Selain penginapan gratis, siapa tahu kita juga bisa dapat jodoh (lho?).

3. Sempatkan diri untuk googling tentang sejarah tempat-tempat yang akan kita kunjungi. Yakin deh, ini akan membuat kita lebih mudah dan menyenangkan dalam berpergian karena kita pun menjadi tahu dan siap menanyakan hal tertentu apabila kita sulit memahaminya.

4. Sebaiknya informasi dicari sebelum berangkat, dicatat inti-intinya. Jadi tidak perlu berat-berat membawa buku panduan yang tebal-tebal, apalagi kalau berpergian dengan budget airlines yang kuota bagasinya sangat-sangat terbatas. Lebih baik bagasi dipakai untuk membawa kamera dan lensa, mie instan dan kebutuhan penting lainnya.

5. Jangan mudah terperdaya dengan kebaikan orang yang baru dikenal, khususnya di kawasan destinasi wisata! Hati-hati dengan orang yang menawarkan untuk memotret kamu dan pasangan kamu, orang yang sok akrab, memeluk sambil mendoakan, atau orang yang menawarkan untuk menemanimu ke suatu tempat. Terkadang mereka dapat mengambil kesempatan tersebut untuk mengambil barang kita tanpa izin, dan hal-hal lain yang tentunya tidak kita inginkan.

6. Siapkan alat dokumentasi terbaik yang bisa kita bawa. Tidak mesti mahal, tapi yang penting momen kita dapat tergambar jelas dan memuaskan hasilnya. Investasikan uang untuk membeli kamera dan lensa yang bagus, second juga tak apa asal bagus. Jangan takut menghabiskan banyak uang untuk kamera. Setelah selesai jalan-jalan, jual lagi saja bisa. Kamera bagus akan membuat foto kita kelihatan indah, nggak malu-maluin deh buat dipajang dimana-mana.

7. Menulis! Sempatkan diri untuk menulis selama atau setelah traveling. Lebih cepat, lebih baik. Misalnya, malam sebelum tidur di penginapan atau ketika dalam perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Tulisan yang dibuat saat traveling biasanya akan mencatat semua hal lebih detail, tentang perasaan kita, nama dan kondisi objek yang kita lihat, harga, dan lain-lain. Berbeda dengan tulisan yang dibuat satu bulan atau dua bulan, atau satu tahun setelah traveling. Biasanya kita hanya akan mengingat garis besarnya saja. Terserah sih mau pilih cara yang mana, tapi yang penting menulis, sebelum lupa! Bakal sayang banget nih Updaters, kalau tips diatas nggak kita laksanain. Karena memang itu berdasarkan pengalaman Kak Nur Febriani sendiri lho! Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk berpergian walaupun kantong pas-pasan. Uang bukanlah hambatan untuk kita berpergian. Tinggal pintar-pintar bagaimana membangun dan menjaga relasi dengan orang-orang di sekitar kita, kita pun dapat memanfaatkan hal tersebut apabila ingin berpergian dengan budget seminimal mungkin.

Mau jadi orang biasa atau orang yang luar biasa itu pilihan kita sendiri, sama seperti apabila kita ingin mewarnai hidup kita ataukah diwarnai. Dengan kata lain, apakah kita benar-benar ingin mendapatkan pengetahuan dan memahami secara luas berbagai sudut pandang dari segala sisi dengan traveling? Atau hanya membaca, mendengar dan mengamati cerita-cerita orang lain yang menginspirasi melalui traveling? Kembali lagi, bahwa setiap manusia yang dilahirkan tentu memiliki tujuannya masing-masing. Oleh karena itu, manfaatkan waktu muda kita untuk menjelajahi dunia sehingga kita dapat memahami arti hidup yang sebenarnya.

Sumber: Wardi, Nur Febriani. 2013. Haram Keliling Dunia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Author: mega
Kreatif, produktif dan positive thinking (ini harga mati!) :D