Saatnya Mahasiswa jadi Pelopor Konsumen Cerdas

perilaku-konsumen1

 

Hari Konsumen Nasional (Harkonas) diperingati tepat tanggal 20 April setiap tahunnya. Tanggal 20 April merupakan tanggal disahkannya Undang-Undang Perlindungan Hak Konsumen di Indonesia. Masyarakat sebagai konsumen diharapkan maampu meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajiban sebagai konsumen serta lebih mencintai produk dalam negeri. Dengan demikian, diharapkan para pelaku bisnis selalu memberikan kualitas produk dan layanan yang memenuhi standar dan layak di terima masyarakat. Sebagai salah satu target pelaku bisnis Indonesia, anak muda (mahasiswa) harus menjadi Konsumen Cerdas (KONCER), yaitu konsumen yang paham tentang Hak dan kewajibannya. Berikut kiat menjadi Konsumen Cerdas :

  1. Teliti sebelum membeli

Tanamkan dan biasakan untuk teliti atas barang atau jasa yang ditawarkan di pasar. Bila dalam keadaan terburu-buru, minimal perhatikan barang dalam keadaan kasat mata, apakah barang atau jasa dapat digunakan atau tidak. Bila kurang jelas, carilah informasi yang lebih akurat dengan bertanya atas barang atau jasa tersebut, sehingga dapat diperoleh gambaran umum tentang produk atau jasa tersebut.

  1. Beli sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Mulailah membudayakan perilaku konsumtif. Konsumtif disini artinya jangan sampai barang atau jasa yang mempengaruhi kita sebagai konsumen, tetapi kita sebagai konsumenlah yang menguasai keinginan untuk membeli barang atau jasa tersebut.

  1. Pastikan produk sesuai dengan Standar mutu K3L

Sebagai masyarakat atau mahasiswa yang cinta tanah air, konsumen cerdas sebaiknya mulai mengakrabkan diri dengan produk bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Sudah saatnya konsumen memperhatikan produk bertanda SNI, produk dengan bertanda SNI lebih memberikan jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan, dan keselamatan konsumen, bahkan Lingkungan.

  1. Perhatikan label, manual garansi Bahasa Indonesia

Konsumen harus lebih kritis dalam mengetahui kondisi barang atau jasa, khususnya atas barang makanan, minuman, obat dan kosmetik, dalam keadaan terbungkus dan disertai label yang jelas. Label yang tertera harus mencantumkan diantaranya komposisi, manfaat, aturan pakai, dan masa berlaku.

  1. Perhatikan masa kadaluarsa

Penting untuk diperhatikan masa kadaluarsa sebuah produk yang kitagunakan, terlebih bagi produk yang masuk ke dalam tubuh atau yang digunakan diluar atau diatas tubuh, karena barang tersebut erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan (K3L) konsumen.

 

Kini saatnya mahasiswa menjadi pelopor Konsumer Cerdas. Minimalisir kejahatan pelaku bisnis dan tingkatkan konsumen cerdas Indonesia.

Selamat Hari Konsumen Indonesia 2015 !

 

Sumber : http://www.harkonas.id/koncer.php

Sumber Gambar : Perilaku konsumen.com

Author: desi
Graduate from Management -Bogor Agricultural University | Fresh Graduate Trainee Program - Batch 3 Lotte Shopping Indonesia|22 yo