Prepare Yourself to Face Asean Economic Community

Calvin Jeremy

 

Humas E Fikom Unpad 2012 di dukung oleh Kementrian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia menyelenggarakan sebuah acara yang bernama YourFest. Event ini terdiri dari dua rangakaian acara sekaligus yaitu talkshow dan festival pameran wirasusaha muda yang diselenggarakan pada 3 Juni 2015 kemarin di Balai Santika dan Gerbang Lama, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap perekonomian Indonesia yang akan memasuki era baru yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) pada akhir Desember 2015 mendatang. Masyarakat Ekonomi Asean sendiri adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya sistem perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN.

Talkshow yang bertema  “Prepare Yourself to Face Asean Economic Community” ini ditujukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya mahasiswa Bandung mengenai potensi dan peluang wirausaha muda Indonesia dalam menghadapi MEA.

Menghadirkan empat pembicara yang berkompeten pada bidangnya masing-masing yaitu Ade Wahyudi sebagai Direktur Program Khusus TDA Nasional, Henry Manampiring sebagai Head of Strategy Leo Burnett Indonesia dan Roy Darmawan, SE., M.Psi, C.NNLP., C.Ht selaku ketua POKJA Penumbuhan Wirausaha, Tim Wirausaha Kreatif Nasional, Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dengan keynote khusus oleh Edy Putra Irawady selaku Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri.

Mengutip pernyataan Deputi Menko Perekonomian Indonesia Bidang Koordinasi dan Industri, Edy Putra Irawady, bahwa saat ini tingkat populasi wirausaha yang unggul di Indonesia baru mencapai 1,6% dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan dibutuhkan setidaknya 2% dari total penduduk suatu negara yang berwirausaha untuk mencapai kesejahteraan nasional. Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang kini telah mencapai 4% dari total jumlah penduduknya yang berwirausaha.

Oleh karena itu melalui kegiatan ini, YourFest diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa wirausaha untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan daya saing dalam menghadapi MEA.

Sebagaimana nama dari event ini yaitu YourFest (Young Enterpreneur Festival) pada pameran usaha tersebut diisi oleh sebanyak 23 stand wirausaha muda milik mahasiswa. Festival ini dimeriahkan dengan spesial performance oleh Calvin Jeremy pada puncak acara.

 

Contact :

 0812 8928 1114 (Christina)

yourfestid@gmail.com