Pentingnya Media Sosial bagi Citra Perusahaan

Updaters, semakin majunya teknologi membuat sebagian masyarakat sadar bahwa keberadaan media sosial tidak hanya sekedar tempat untuk berinteraksi dengan teman atau sebagai sarana mencari informasi saja. Kini, penggunaan media sosial makin beragam, salah satu yang menjadi trend adalah menjadikan media sosial sebagai sarana pemasaran, hal ini lebih dikenal dengan sebutan Social Media Marketing (SMM).

A Hadiansyah Lubis, VP Marketing Public Relations di TRANS TV dan CNN Indonesia berkenan berbagi informasi mengenai trend Social Media Marketing kepada Updaters dalam program #KUchat, Kamis 10 September 2015 lalu. Dalam obrolan yang cukup singkat itu, terdapat beberapa pelajaran yang bisa diambil mengenai Social Media Marketing.

Sebagai seorang public relations dari salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, Mas Hadiansyah juga memiliki tantangan di era digital ini. Beliau mengatakan persaingan dengan kompetitor, teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia, serta konvergensi media merupakan tantangan yang harus ia hadapi. Kreatif dan Inovatif merupakan kunci yang bisa dilakukan untuk bisa bersaing dan menjawab segala tantangan tersebut.

Kembali ke perihal Social Media Marketing (SMM),  Mas Hadiansyah menuturkan bahwa keberadaan SMM saat ini sangat membantu dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan image dan awareness suatu program. Hal ini membantu karena dengan SMM, suatu program atau produk dapat berinteraksi langsung dengan audience dan target mereka secara lebih dekat. Interaksi juga bisa dilakukan secara berulang sehingga image dan awareness  suatu program secara perlahan akan terbentuk di benak audience. Dengan strategi SMM yang baik, maka image dan awareness  yang akan terbentuk juga meninggalkan kesan positif pada audience.

Di Indonesia sendiri, SMM telah dikenal dan diterapkan oleh beberapa kalangan masyarakat. Menurut Mas Hadiansyah, perkembangan SMM di Indonesia sangat pesat, hal ini dikarenakan pengguna media sosial di Indonesia merupakan salah satu pengguna yang aktif & mengikuti trend. Beberapa dari mereka telah menyadari keuntungan ‘berkarir’ di sosial media. Seperti yang diungkapkan Mas Hadiansyah, penerapan strategi SMM pada pemasaran suatu produk memberikan keuntungan bagi pemasar dan target sasaran. Keuntungan tersebut antara lain SMM bisa menjangkau audience yang tidak terbatas dengan waktu yang relatif cepat, maka dari itu engagement bisa segera tercipta dengan audience. Engagement suatu produk dengan audience adalah salah satu hal penting karena sebuah produk yang dekat dengan target sasarannya akan menimbulkan loyalitas pada target tersebut.

Dalam menerapkan strategi SMM untuk memasarkan suatu produk, Mas Hadiansyah menyampaikan beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu antara lain Produk harus memahami audience, melakukan riset, monitoring, serta evaluasi produk secara rutin dan berkala untuk bisa mendapatkan umpan balik yang nantinya dipergunakan untuk membentuk produk yang ideal di mata masyarakat.

Pada akhir obrolan, Mas Hadiansyah memberikan tips dan trik bagi mahasiswa agar strategi Social Media Marketing dapat menyasar target yang tepat. Mahasiswa diminta memiliki passion yang tinggi, aktif , inovatif, serta sering berinteraksi dengan pihak-pihak Expert di dunia digital. Berinteraksi dengan mereka yang telah berpengalaman dan terlatih, akan memberikan kita banyak pelajaran & kesempatan, untuk bisa bergabung dan menempatkan diri dengan tepat di tengah-tengah pasar digital.

Demikianlah Updaters, beberapa pelajaran yang bisa diambil dari #KUchat kamis malam lalu dengan Mas A Hadiansyah Lubis. Semoga bermanfaat!