Pengalaman Magang Di PT HM Sampoerna Tbk

Cindi 2

 

“The only way to do great work is to love what you do”

Saya Cindi Feronika mahasiswa semester 7 program studi Akuntansi di Sampoerna University ingin sedikit berbagi dengan teman-teman mengenai pengalaman yang saya dapatkan selama magang di PT HM Sampoerna Tbk di bulan November – Januari 2018 kemarin. Sebenarnya sudah dari lama berminat untuk masuk ke HM Sampoerna tapi memang belum kesampaian karena kebanyakan department yang ingin saya pilih harus mau ditempatkan di Surabaya bukan di Jakarta. Walaupun saya tahu awalnya yang di buka adalah divisi HR (Human Resources) tetapi karena saya ingin mencoba peruntungan dan kesempatan diluar dari jurusan yang saya ambil sekarang sehingga membuat saya giat untuk mencoba nya terlebih dahulu dengan cara mengirimkan CV sebagai proses seleksi tahap pertama kepada HR yang akan disaring terlebih dahulu melalui stage CV Screening kemudian jika lulus tahapan tersebut akan dilanjutkan dengan Video Interview menggunakan aplikasi Astronout yang merupakan sistem aplikasi video-selfie yang mengharuskan kita menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirancang oleh pihak HR Sampoerna. Setelah itu akan ada phone interview langsung dengan HR Executive nya dan di akhir akan ada interview kembali tetapi ini kita diwajibkan untuk datang langsung ke kantor nya untuk diwawancarai oleh User dan Supervisor nya langsung. Setelah melewati berbagai macam stages, beberapa hari kemudian saya menerima telpon dan email yang menyatakan bahwa saya di terima untuk bergabung di Sampoerna Apprentice Program dan menjadi satu-satu nya mahasiswa yang lolos untuk dapat mengenyam pengalaman di PT HM Sampoerna sebagai HR Talent Acquisition Intern yang akan menangani Sampoerna Graduate Trainee Program, Campus Engagement dan Engagement Dinner yang akan akan dilaksanakan diberbagai kota seperti Jakarta, Surbaya, Yogyakarta dan Bandung bersama dengan supervisor saya.

Hari pertama magang pun akhirnya datang, saya mulai diperkenalkan oleh salah satu karyawan Sampoerna yang sudah menjemput saya dari lobby untuk berkenalan dengan tim HR satu persatu secara langsung maupun berkenalan dengan para manager nya juga. Kesan pertama masuk ke lantai 16 itu sangat menakjubkan karena dinding-dinding nya di design semenarik mungkin dan se-kreatif mungkin ditambah dengan lingkungan kerja nya yang cukup flexible sehingga walaupun baru hari pertama sudah membuat saya nyaman sekali di kantor ini. Di hari pertama saya sudah mendapatkan materi yang cukup banyak dikarenakan saya harus dapat bergerak cepat mengingat Supervisor saya akan melakukan Business Trip ke luar negeri selama kurang lebih 1 bulan sehingga saya harus mengetahui apa saja job description dan struktur bagan dari Human Resources secara general yang ada di Sampoerna. Singkat cerita, Sampoerna merupakan perusahan idaman saya dan pasti nya pun setiap orang juga akan memikirkan hal yang sama dengan saya karena Sampoerna merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang dapat memberikan setiap orang kesempatan untuk maju dan berkembang serta memberikan kesan yang mendalam apalagi lingkungan tempat kerja nya yang sangat nyaman. Selain itu, sebagai mahasiswa magang di divisi HR sangat memberikan saya banyak ilmu pengetahuan sekaligus dapat mengasah skills secara langsung dengan adanya program-program activation yang di berikan oleh Sampoerna kepada saya. Banyak banget pengalaman yang sudah saya dapatkan selama magang di HM Sampoerna dari pembelajaran mengenai konsep HR & Project Management, Communication Skill, belajar lebih dalam mengenai proses pemecahan masalah dan setting target yang mana dapat dengan regular menerapkan modete PDCA (Plan, Do, Check, Action) di area kerja dan dapat mengasah kemampuan dan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound) dalam menjalankan semua project-project yang saya tangani.

Cindi 1Selain daripada itu, pasti nya ada juga tantangan yang saya hadapi setiap saat nya karena setiap hal yang kita hadapi tidak luput dari tantangan dan hambatan didalam nya seperti baru pertama kali menangani project besar seperti Graduate Trainee Sampoerna, Campus Engagement dan Engagement Dinner dimana saya harus terus menjaga konsistensi, kefokusan dan kesigapan dalam menangai project ini sehingga terkadang membuat saya kewalahan dalam melaksanakan timeline yang sudah ditetapkan untuk tim saya. Time Management merupakan salah satu faktor yang harus saya asah lebih dalam lagi karena memang project saya ini membutuhkan tenaga yang extra mengingat program ini adalah program tahunan yang besar dimana tim kami berusaha dengan sekuat tenaga untuk memilih candidates yang menurut kami kompeten dan terbaik dari yang terbaik untuk dapat masuk ke PT HM Sampoerna Tbk tetapi alhamdullilah saya dapat menghadapi tantangan yang ada dengan berjalan nya waktu. Adapun juga, ini merupakan suatu kebanggan dapat bekerja dengan orang-orang hebat dalam project-project yang sudah saya lakukan selama 3 bulan kemarin dan pengalaman magang di PT HM Sampoerna Tbk merupakan salah satu pengalaman terbaik yang sudah saya dapatkan. Dengan magang disini saya dapat mengetahui lebih dalam seperti apa Sampoerna itu dari sisi working environment dan opportunities yang ditawarkan yang membuat saya lebih semangat lagi untuk dapat masuk kembali ke Sampoerna sebagai Karyawan Full Time ketika sudah lulus dari Sampoerna University nanti. Semua hal mengenai magang yang sudah saya lakukan ini dapat memberikan saya informasi lebih mengenai dunia kerja secara details dan dapat melatih saya untuk siap memasuki dunia kerja yang akan saya hadapi nanti nya.

Untuk mengakhiri cerita singkat pengalaman magang saya, saya ingin memberikan sedikit motivasi diri untuk teman-teman semuanya. Jika ada kesempatan didepan mata maka ambillah karena kesempatan tidak akan datang dua kali dalam hidup kita. Pasti nya kita juga harus percaya dengan diri dan kemampuan kita sendiri karena itu akan memberikan kepercayaan yang tinggi sehingga kita dapat menyelesaikan tugas-tugas kita dengan excellent. Tetapi semua yang sudah kita dapatkan akan lebih baik lagi jika kita selalu bersyukur dan selalu rendah hati.

Cindi 3