Pemilihan Duta Bahasa DKI JAKARTA

            Badan pengembangan dan pembinaan bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengundang putra dan putri Indonesia untuk mengikuti kegiatan pemilihan Duta Bahasa tahun 2017. Pemilihan Duta Bahasa ini adalah suatu kegiatan untuk mencari generasi muda Indonesia yang memiliki kepedulian dan kepekaan untuk melestarikan serta mempromosikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu Duta Bahasa nantinya akan turut berperan aktif dan berupaya untuk membina, melindungi, mengembangkan dan mengkampanyekan bahwa pentingnya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar baik secara lisan maupun tulis. Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunya oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, berbagai Provinsi di Indonesia pun turut andil dalam menyelenggarakan kegiatan pemilihan Duta Bahasa.

Salah satu Provinsi yang menyelenggarakan kegiatan pemilihan Duta Bahasa adalah DKI Jakarta. Pada awal tahun 2017 ini Provinsi DKI Jakarta telah membuka kembali pendaftaran Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017. Pendaftaran peserta Duta Bahasa DKI Jakarta ini  telah berlangsung mulai tanggal 24 Maret hingga 7 April 2017 dengan berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017 ini diantaranya adalah: berkewarganegaraan Indonesia, berusia minimal 18 hingga 25 tahun, belum menikah, mahir berbahasa Indonesia baik lisan dan tulis, mahir berbahasa asing serta menguasai bahasa daerah, berpenampilan menarik dan sehat jasmani dan rohani. Selain itu untuk melengkapi persyaratan administrasi dalam mengikuti kegiatan Duta Bahasa DKI Jakarta adalah dengan melampirkan CV, biodata, Foto diri dan setiap peserta yang mendaftar diharuskan untuk membuat rancangan kegiatan kebahasaan dengan 8 pilihan tema: Pengembangan kosakata dan istilah, Pelestarian Bahasa Daerah, BIPA, Peningkatan Apresiasi Sastra, Pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, Gerakan literasi, Aplikasi multimedia dan pengutamaan bahasa indonesia di ruang publik.

Kegiatan pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta setiap tahunya telah diikuti oleh 50 Finalis putra dan putri yang telah dinyatakan lolos pada proses seleksi berkas administrasi. Pada tahun ini peserta pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang terdiri dari 50 peserta putra dan putri yang telah resmi dinyatakan sebagai Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017. Pengumuman kelolosan peserta Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017 ini telah dilakukan pada tanggal 11 April 2017 melalui akun resmi instagram Duta Bahasa DKI Jakarta, kemudian setelah dinyatakan lolos menjadi Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017 seluruh peserta nantinya akan mengikuti karantina dan proses seleksi Duta Bahasa DKI Jakarta berikutnya yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 17 hingga 10 mei 2017. Dalam karantina Duta Bahasa DKI Jakarta 2017 seluruh Finalis akan mengikuti berbagai proses seleksi mulai dari Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, Pelaksanaan Krida Kebahasaan dan Kesastraan, Tes Bahasa Inggris dan juga seleksi lainya. Kemudian pada karantina Duta Bahasa DKI Jakarta pada tahun 2017 ini berbeda dari tahun sebelumnya, hal ini dapat dilihat bahwa adanya pelaksanaan kegiatan krida kebahasaan dan kesastraan yang harus dijalankan oleh seluruh Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017. Pelaksanaan krida kebahasaan dan kesastraan ini dilaksanakan berdasarkan proposal kegiatan kebahasaan yang telah dibuat oleh seluruh finalis Duta Bahasa DKI Jakarta. pelaksanaan krida kebahasaan dan kesastraan ini nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 31 April 2017.

Setelah seluruh Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017 mengikuti seluruh proses seleksi karantina, nantinya pada tangal 10 mei 2017 akan diumumkan pemenang Duta Bahasa DKI Jakarta terbaik I, II dan III yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta pembinaan kebahasaan. Pengumuman pemenang Duta Bahasa terbaik I, II, dan III ini nantinya akan menjadi penutup dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2017.

Ikuti Instagram Duta Bahasa DKI Jakarta: @Dutabahasadkijakarta.

Oleh : Henry Kurniawan.