Nostalgia AADC, Fitur LINE Find Alumni dan Viral Marketing

Viral Marketing dalam Strategi Pemasaran LINE Find Alumni

Masih ingat dengan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC)? Saat ini kita seperti diajak bernostalgia melalui film itu. Sebuah aplikasi pesan singkat asal Jepang,LINE baru saja meluncurkan fitur terbarunya yang dinamai Find Alumni baik untuk pengguna Android maupun iOS. Lalu apa kaitannya dengan film AADC? Yap,LINE menggandeng pemain AADC dalam mempromosikan fiturnya, Find Alumni. Melalui mini drama yang berdurasi 10 menit 25 detik ini LINE berhasil menggaet lebih dari 2juta penonton dan hashtag AADC menjadi trending topik di twitter.

Dosen Manajemen Komunikasi Universitas Padjadjaran Ilham Gemiharto mengatakan LINE dalam hal ini menggunakan strategi viral marketing.

“LINE ini memanfaatkan viral marketing, yakni cara marketing yang merupakan tranformasi dari strategi mulut ke mulut. LINE juga memanfaatkan celah bahwa setiap orang senang bernostalgia. Dan film AADC dipilih karena itu, dan itu cara yang cerdas, “ujar Ilham.

Dikutip dari http://www.thinkdigital.co.id/ viral marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan sosial media untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk/ perusahaan demi mencapai target yang telah ditentukan. Dalam hal ini LINE mempromosikan salah satu fiturnya untuk menggaet para alumni dari berbagai tingkatan sekolah menggunakan fitur tersebut.

Dalam situs http://www.the-marketeers.com/, Team Leader Marketing LINE Indonesia Galuh Chandrakirana mengatakan dipilihnya film AADC karena merupakan film yang fenomenal dan tonggak sejarah revolusi film nasional. Selain itu ia juga mengatakan bahwa penonton pertama film ini sesuai dengan segmen yang digarap fitur LINE Find Alumni, yaitu mereka yang telah dewasa dan menjadi alumni beberapa sekolah.

Maka tak heran jika peluncuran fitur Find Alumni dengan menggunakan film AADC yang disebar melalui LINE dan Youtube itu mendapat sambutan dari para pengguna LINE. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Talitha Nindia, mengatakan cara LINE untuk mempromosikan salah satu fiturnya, Find Alumni itu cukup berhasil.

“Sebelumnya fitur Find Alumni kan udah ada, tapi kalah pamor sama games-games LINE yang selalu happening. Tapi, setelah adanya mini drama AADC ini kayanya makin banyak orang yang penasaran buat coba fitur itu, salah satunya buat nostalgia,” tutur Talitha.

(Widya Citra Andini, Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)

Author: andini
Inspired to explore this country| Depatment of Journalism Studies Universotas Padjadjaran