Learning from the CEO in IdeaFest 2015

Hallo guys, kenalin namaku Evelina Larisa Sidharta , you can call me with Eveline. I’m graduated from Tarumanagara University alias UNTAR, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Kali ini aku mau berbagi pengalamanku nih di IdeaFest kemarin yang diadakan pada tanggal 7-8 Agustus 2015 di JCC. Suatu pengalaman yang berharga banget bagiku and temen semuanya yang bisa hadir di sana,  karena banyak banget insight yang kita bisa dapetin dari berbagai pembicara yang keren-keren disana dan terbilang masih muda lho karena visi misi mereka membangun Indonesia lebih baik lagi! Majulah Indonesiaku!!!

Di IdeaFest, aku in charge jadi volunteer disana, but I’ll call it not volunteer but contribution of my life yeah hahaha. Kenapa aku mau ikut bagian dari Ideafest ini? Karena pembicaranya yang keren abis dan bisa menginspirasi anak mudah nih kedepannya, dan aku semacam terpanggil pengen banget bisa berkontribusi dan ikut andil dalam acara tersebut dan rasanya seneng banget bisa dikasi kesempatan ini yang ga semua orang bisa dapatin kayak aku. Thanks God!!!

Awalnya aku tahu info IdeaFest dari twitter @KampusUpdate thanks banget ya buat KampusUpdate yang selalu memfasilitasi kita sebagai anak muda dalam berbagai kegiatan dan acaranya yang keren2 banget hihi!

Jadi, beberapa hari sebelum acara aku dapat konfirmasi kalo aku keterima jadi volunteer dan seneng banget rasanya haha abis itu kita briefing di Comma (Co-Working Space @Wolter) dan aku ketemu semua temen2 yang bakal in charge disana. Walaupun sendirian dan ga kenal siapa2 , yang penting pede aja lagi haha dan aku kenalan sama beberapa temen disana. First impression, seru banget temen2nya asik seru dan gokil , makin excited aja di hari H nya. Kebetulan aku dapat di tanggal 8 nya yaitu Conferencenya nih Big Event on Ideafest nya, seneng banget nih bisa incharge di tanggal segitu soalnya temen2 lainnya pada di tanggal 7 dan kepengen incharge di tanggal 8 haha secara tamu-tamu penting banyakan di tanggal 8 hihi kayak Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahok dan ada RI 2 lhoo Bapak Jusuf Kalla, jadi bisa dibayangkan keamanannya yang bener2 jadi hal utama karena ada paspampres gitu buat ngamanin orang-orang penting seperti beliau-beliau ini   .

Tibalah di tanggal 8 nya nih, aku bareng temenku yang namanya Sandy yang incharge bareng nih hahaha prepare all the things on venue dan mulailah keramaian para peserta di JCCnya nih. Artis pertama yang aku lihat di hari itu ialah Kak Sarah Sechan, seneng banget rasanya soalnya bener—bener deket banget sama aku dan dia ramah banget haha abis itu aku lihat Kak Carline Darjanto (CEO of CottonInk) cantik banget, Kak William Tanuwijaya (CEO of Tokopedia aaa that’s my favorite!) and aku juga lihat kak Kevin Mintaraga (CEO of BrideStory) sama Kak Nadiem Makarim (CEO of Gojek Indonesia) trus sama Bang Andy F. Noya (pasti tau dong ya haha) dan semuanya aku lihat dalam pandangan yang terbilang deket banget kira2 nih ya 1-2 meter deh haha deket kan. Gejolak mau minta foto pun menggebu2 tapi dalam hati ngomong sendiri, Eve inget kamu lagi on duty haha jadinya aku tahan deh setelah acara. Waktu udah mendekati mulainya acara, aku membantu mengarahkan para peserta ke venue-nya, super rame banget dan pada excited untuk para speaker di conferencenya yihaa akupun juga semakin excited deh. Setelah para peserta masuk ke venuenya dan duduk manis sambil nunggu mulainya acara, aku juga bantuin ngarahin tamu-tamu VIP juga bareng Sandy soalnya emang rame banget deh full house haha.

Acara pun dimulai dan kesibukan ku sama temen2 mulai agak longgar hehe jadi selagi ada waktu aku sama temenku berusaha dapetin insight di conferencenya nih. Sesi pertama dimulai dengan speaker Kak Carline Darjanto sama Kak Melissa Sunjaya (Founder of Tulisan) yang dimoderator sama Kak Dien Tirto Buwono dengan topiknya adalah ANATOMY OF MODERN INDONESIAN BRANDS. Good sharing banget dari kakak2 ini semuanya keren2 hahaha.  Lanjut sesi kedua , yakni sesi yang paling ditunggu-tunggu sama aku dan semua para peserta. Kenapa aku bisa bilang gini? Haha karena di setiap aku standby on the gate, almost of the people ask me like “What time of CEO Gojek will be sharing today?” Gatau kenapa mungkin influence Gojek telah tersebar dimana-mana karena emang kisah perjalanan dari Gojek ini sangat menginspirasi. But for me, all the speaker in the second session emang kece parah apalagi Kak William Tanuwijaya (role model for me) haha. Sesi kedua dimoderator oleh Kak Rene Suhardono dengan 3 speaker kece ialah Kak Nadiem Makarim, Kak William Tanuwijaya sama Kak Kevin Mintaraga dengan topik BILLION DOLLAR TECH INDUSTRY: IS IT FOR REAL? Emang lagi happening banget nih for technology industry jadinya yang paling ditunggu2 deh. Bener2 emang sharingnya kece parah deh di sesi ke dua ini karena pecah banget Kak Rene nya juga gokil jadi suasanya jadi membaur gitu, tiap berapa menit semua peserta pada tepuk tangan karena saking kagumnya sama speaker ini nih. Overall conclusion on second session ini, kita harus aja anak muda yang kreatif , mau belajar apapun walaupun background kalian berbeda-beda. Kedepan dunia computer, internet dan teknologi itu yang bakal dielu-elukan dalam arti di setiap bisnis kedepannya itu pasti pake teknologi so walaupun background kita non IT tapi kita harus paham seluk beluk tentang itu, dan ga hanya bidang IT aja , pola piker dalam membangun bisnis juga perlu diperhatikan. Bisnis jaman dulu dengan jaman sekarang itu beda banget, so harus jadi yang berbeda supaya bisa memenangkan pasar yang ada but bersaing secara sehat ya. Karena disini kedepannya bisnis yang ada pasti tujuannya untuk membangun Indonesia kedepannya lebih baik lagi dan kita sebagai generasi muda yang lanjutin tonggak kemajuan bangsa Indonesia kedepannya. Hidup Indonesia!!! Indonesia pasti bisa.

Satu hal yang bener2 ngena banget on sharing ialah pada saat Kak Wiliam cerita, kalo kita mau bangun suatu bisnis hal yang paling kritikal itu modal karena tanpa modal gabakal bisa jalan. Di awal perjalanan tokopedia, sulit banget untuk memperoleh funding dari berbagai perusahaan karena minimnya kisah sukses perusahaan startup di Indonesia, dan tanpa mengenal lelah di tahun 2014 tokopedia memperoleh funding dari pihak asing yang nilainya sangat funtastis US$ 100 juta bayangkan!!! Triliyunan men!! Dan dari situlah tokopedia berkembang menjadi lebih besar , besar dan besar lagi. The important point is, kak William bilang walaupun tokopedia mendapat pendanaan dari pihak asing yang melihat pangsa pasar Indonesia kedepannya berkembang pesat, tetap satu yang diingat bahwa tokopedia merupakan perusahan yang mendapatkan pendanaan terbesar se asia dan itu milik orang Indonesia! Dan kedepannya tokopedia hadir untuk membangun Indonesia lebih baik lewat internet dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia. Speechless aku pas denger statement itu, dan perasaan serta jiwa langsung seketika bener2 nasionalis banget dan aku bangga lahir , hidup dan besar di negara kita tercinta Indonesia. Kedepannya semoga dengan acara ini anak-anak muda di Indonesia bisa terinspirasi dengan berbagai karya anak bangsa yang mengharumkan negri kita yang selalu di pandang sebelah mata. So take action from now, mulai dari yang kecil-kecil yang kita bisa karena dari yang kecil barulah tercipta suatu hal besar yang memberikan impact positive for us.

Thanks banget buat IdeaFest dan KampusUpdate yaa, yang selalu hadir dan menciptakan acara-acara yang bisa membuka pola pikir bangsa lebih oke lagi. Next time, buat temen-temen yang belum dapet kesempatan seperti ini, jangan pantang menyerah ya. Semua yang kita jalanin di kehidupan ini adalah proses belajar dan berjuang jadi tetep aktif untuk berpacu dalam berbagai movement dari acara2 yang bakal hadir kedepannya dan inget kalo bukan kita sebagai anak muda yang melanjutkan siapa lagi?!

So, ini akhir dari sharing aku selama Ideafest kemarin , dari sini aku dapat banyak insight dari para pakar yang ada, ketemu temen2 baru yang emang kece dan keren banget mau turut aktif dalam acara yang super inspire banget dan terjun untuk langsung membantu dari hal-hal kecil yang kita bisa.

Terima kasih ya IdeaFest dan KampusUpdate sukses terus untuk kalian semuanyaaa!!! Lain kesempatan kita bisa ketemu lagi dan bikin movement yang keren ya!!! See ya

893211.jpg

89319

 

89322

89320

 

 

 

 

 

 

 

Author: eveline
Positive thinker!