Pengalaman Sebagai Delegasi Youngstars Ad Competition Adstars 2016 di Busan, Korea Selatan

Halo! saya Ahmad Maulana, mahasiswa semester 7 jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro Semarang. Disini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tak terlupakan saat mengikuti sebuah Kompetisi YOUNG STARS AD COMPETITION, ADSTARS 2016, yang merupakan kompetisi Periklanan Internasional di Busan, Korea Selatan pada akhir agustus hingga awal September 2016 kemarin. Saya ingin berbagi pengalaman ini karena masih banyak teman teman dari Indonesia yang belum mengetahui tentang kompetisi ini dan bagaimana cara agar bisa lolos untuk diundang ke Korea Selatan.

ADSTARS merupakan sebuah kompetisi periklanan tahunan tingkat dunia yang diselenggarakan di Busan, Korea Selatan pada saat musim panas. Sedangkan Young Stars AD Competition merupakan salah satu cabang dari ADSTARS yang ditujukan kepada mahasiswa/i kreatif dari berbagai Universitas di Seluruh Dunia. Young Stars menjadi sarana bagi industri periklanan untuk mempersiapkan bibit individu kreatif agar memiliki kualitas yang oke ketika nantinya terjun di dunia professional Periklanan. Kompetisi ini menghadirkan tokoh dan praktisi industri periklanan terkenal dari seluruh dunia.

Untuk bisa lolos menjadi delegasi Indonesia dan finalis di Young Stars Ad Competition, ada beberapa tahapan yang harus saya lewati. Pertama, saya bersama kedua teman saya membentuk sebuah tim bernama ksaADtria Garuda. Kemudian kami diwajibkan untuk mengirimkan portofolio kreatif mengenai berbagai “project” yang telah kami lakukan sebelumnya. Kebetulan tim ksaADtria Garuda sebelumnya telah menjuarai beberapa kompetisi seperti di Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran. Sehingga project yang kami buat dari kompetisi tersebut, kami jadikan portofolio kreatif dan kami kirimkan ke panitia bersamaan dengan form yang dikirim oleh panitia sebelumnya. Seperti identitas anggota tim, makna nama tim kami, motivasi kami mengikuti Young Stars, serta alasan kenapa harus memilih kami sebagai finalis.

Kemudian setelah mengirimkan portofolio tersebut, kami harus menunggu beberapa bulan hingga pengumuman tiba. Saya amat bersyukur ketika tim ksaADtria Garuda berhasil dinyatakan lolos sebagai finalis dan diundang untuk mengikuti tahap selanjutnya di Busan, Korea Selatan sebagai delegasi Indonesia melawan 37 tim lainnya dari seluruh dunia. Ternyata dari Indonesia hanya 2 tim yang lolos yaitu dari Universitas Diponegoro dan Universitas Padjajaran.

Saya menghabiskan waktu 6 hari di Busan untuk berkompetisi dan 4 hari di Seoul untuk memenuhi tugas sponsor dan jalan jalan. Saya beruntung dapat terpilih menjadi finalis. Karena disini, selain saya membawa nama harum Indonesia, saya juga dilatih untuk merasakan suasana persaingan Internasional yang kompetitif. Saya sekamar dengan seluruh delegasi pria dari Indonesia, kemudian 2 orang dari USA. Hari pertama agenda yang saya lakukan ialah opening ceremony. Disini saya berkenalan dengan berbagai competitor yang diantaranya berasal dari Filipina, Korea Selatan, Jepang, Thailand, China, Brazil, Rusia, dan USA. Di hari kedua kami ditantang untuk mengerjakan Production Work, dimana kami harus berhadapan dengan Real Case industri periklanan dengan Real Client, yaitu KT (Korean Telecomm). Seluruh finalis diberikan waktu 30 jam untuk menciptakan sebuah solusi kreatif atas permasalahan yang terjadi pada remaja korea selatan dalam bentuk audio visual Maupun grafis. Selesai atau tidak, kami harus mengumpulkan karya saat waktu telah habis. Di hari keempat, kami melakukan Conversation with Judges, dimana karya kami dipamerkan di MAIN HALL Bexco Convention Center dan dikometarin oleh Juri yang merupakan Expert di bidang iklan. Juri tersebut berasal dari London, Israel, Korea Selatan, dan China. Hari kelima kami melakukan City tour dan awarding night di hotel berbintang di Busan.

Pengalaman ini merupakan suatu hal yang harus kalian coba. Karena disini, saya bukan hanya mendapatkan teman baru dari seluruh dunia. Namun juga saya berkesempatan untuk menjelajahi eksotisme negara yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya dengan aturan dan cara hidup yang berbeda dengan Indonesia. Saya belajar mengenai self service yang diterapkan disana, saya juga belajar budaya tepat waktu terutama melihat kemajuan transportasi umum yang ada di Korea Selatan. Saya juga menemui banyak wanita cantik seperti bintang bintang K-Pop loh… Bahkan, saya mendapatkan kesempatan jalan jalan di Seoul dimana banyak sekali teman saya yang menginginkannya.

Tips buat kalian yang pengen banget dapetin kesempatan ini yaitu “RAJIN LAH CARI INFORMASI” kemudian dilanjutkan dengan “PERSIAPAN SEMATANG MUNGKIN”. Ingat, ini adalah salah satu kompetisi yang peluang lolosnya besar sekali karena proses seleksi yang cepat dan tidak bertele tele dan informasi yang masih jarang di Indonesia. YOUNGSTARS AD COMPETITION ini selalu ada kok tiap tahunnya dan pasti acaranya berlangsung di Bulan Agustus (saat Summer) namun pendaftaran dan pengumpulan portofolio dimulai dari bulan April. So, buat kamu yang pengen banget masuk ke Industri Kreatif dan Periklanan, wajib banget ikutan yaa. Karena kamu bakal dapet pengalaman proyek nyatan, network yang luas, teman baru yang kece, dan jalan jalan seruuuu. Good luck ya!

 

Ditulis oleh:
Ahmad Maulana, Mahasiswa semester 7 Ilmu Komunikasi Unoversitas Diponegoro 2013

december-1st-kompetisi-yong-star-adv-korea-ahmad-maulana1 december-1st-kompetisi-yong-star-adv-korea-ahmad-maulana2 december-1st-kompetisi-yong-star-adv-korea-ahmad-maulana