Pengalaman Magang di Jenius BTPN

Action is the key to be successful. Makes the impossible possible!

 

Work Hard & Play Hard. Itulah yang menggambarkan tempat dimana saya diberi kesempatan menjalankan program Internship di salah satu perbankan digital yaitu BTPN Jenius , saya terjun langsung merasakan pengalaman bekerja yang dapat mengasah hardskill dan softskill yang saya miliki. Saya Vinda Avisa, mahasiswa semester 8 Jurusan Marketing Communication, Fakultas ilmu ekonomi & komunikasi, Binus University.

 

Internship merupakan salah satu langkah awal memulai karir.  Di Binus University terdapat Program 3+1 yang berlaku untuk berbagai jurusan termasuk jurusan ilmu komunikasi. Tiga tahun menjalani perkuliahan dikombinasikan dengan program magang selama satu tahun. Sehingga, membuat mahasiswa semakin mendalami berbagai pengetahuan dalam bidang profesi ilmu komunikasi. Seluruh teori dan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama masa perkuliahan merupakan bekal bagi saya untuk terjun langsung dalam dunia kerja di bidang ilmu komunikasi.

 

Internship juga merupakan suatu program yang disiapkan oleh perusahaan untuk para lulusan baru atau mahasiswa semester akhir dari institusi pendidikan yang belum memiliki pengalaman kerja. Melalui internship, selain mendapatkan pengalaman bekerja, ilmu yang bermanfaat, pelatihan pengembangan diri, tentunya kesempatan untuk mempercantik curriculum vitae. Pengalaman yang saya dapatkan merupakan sebuah bekal saat saya menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

 

Berawal dari pihak kampus yang mewajibkan mahasiswanya untuk menjalankan program internship. Pada akhirnya saya berusaha mencari informasi mengenai program atau kegiatan internship di berbagai macam situs dan web perusahaan di Jakarta. Setelah melihat banyak program yang ada, saya tertarik untuk mengikuti program Internship yang diadakan oleh beberapa perusahaan. Dengan melamar pekerjaan yang sesuai dengan passion maupun background yang saya pilih. Selama pencarian, terdapat beberapa panggilan interview bermunculan yang membuat saya harus mempersiapkan diri. Dengan berbagai macam proses seleksi yang ada. Sampai pada akhirnya saya diterima dan memutuskan untuk menjalankan Internship di BTPN Jenius yang menjadi salah satu list perusahaan yang saya harapkan.

 

Saat saya mendapatkan kesempatan untuk magang di Jenius pada bulan September 2018-Januari 2019 kemarin , di salah satu divisi (Squad) Strategic Communication Jenius. Dengan lokasi serta tempat yang strategis dan nyaman, karena Jenius memiliki keunikan yang mempunyai kantor di desain dengan gaya kasual ,warna-warni dan menggunakan slogan agile dimana-mana serta meja kerja dibuat hampir tidak ada sekat-sekat antar meja yang membuat karyawan semakin mudah dan nyaman dalam bekerja tentunya.

 

Saat hari pertama menjalankan Internship di BTPN Jenius, saya mulai diperkenalkan oleh salah satu tim HC BTPN Jenius dipandu untuk tour berkeliling kantor. Setelah itu, saya duduk bersama dengan tim stratcomm squad dan diberi kesempatan membantu strategic communication squad. Diawal saya menjalankan program Internship diadakan briefing dengan head Strategic Communication Jenius mengenai alur bisnis maupun pekerjaan dari squad itu sendiri. Saya diberikan gambaran bagaimana Jenius menjalankan system kerja dan budayanya sehari-hari. Yaitu dengan memfokuskan  5 Value kepada karyawannya seperti, Be bold,Be an Owner,Customer Focus,Continues Learning, Agile Way of Working. Yang dimana Jenius mengajarkan saya untuk bekerja dengan cepat dan tanggap.

 

Saya mendapatkan kesempatan membantu squad strategic communication dalam menjalankan project atau campaign yang akan diadakan maupun launching fitur pada saat itu. Membantu mengatur dan mengelola timeline produksi dan komunikasi dalam mendukung suatu project serta campaign yang dijalankan. Salah satunya satunya membantu stratcomm squad dalam mengatur progress produksi beberapa video dan artikel yang akan diunggah kedalam website Jenius. Salah satunya fitur yang akan launching pada saat itu yaitu, E-wallet dan Jenius Keyboard. Saya dipercaya untuk menjalankan beberapa kebutuhan yang diperlukan demi mendukung launching fitur tersebut.

 

Selain itu, saya juga dipercaya untuk menemui atau menghubungi vendor berkaitan dengan berjalannya suatu campaign terbesar yang diadakan oleh pihak BTPN Jenius pada saat itu yaitu Jalan2Jenius. Dengan memproduksi berbagai macam tools seperti merchandise,desain kv, video yang dapat mendukung kegiatan marketing campaign BTPN Jenius. Mencari tau serta aware terhadap segala hal dengan membuat competitor analysis dan melakukan research terhadap hal tersebut untuk merancang strategi komunikasi kedepannya.

 

Sampai pada akhir bulan ke 4 saya menjalankan Internship di Jenius. Stratcomm dan PR squad mengadakan acara makan-makan dan perpisahan farewell para mahasiswa Intern yang akan mengakhiri masa magangnya di Jenius. Kami di berikan penghargaan yang sangat berkesan dari tim PR dan Stratcomm Jenius. Pada hari itu saya dan teman-teman Intern lainnya pamit kepada semua tim. Saya dan teman-teman merasa sangat sedih dan haru pada saat itu dan saatnya saya dan teman-teman intern lain melanjutkan kuliah dan skripsi di semester selanjutnya.

Nah, ternyata magang itu sangat berguna, loh. Mendapatkan pengalaman bekerja di BTPN Jenius merupakan pengalaman yang sangat berarti bagi saya. Bukan hanya karena saya berkesempatan untuk mengenal orang-orang hebat tetapi saya belajar sangat banyak. Saya dapat mempraktekkan apa yang saya pelajari selama di dunia perkuliahan. Dan dengan Program Internship ini membuat saya terbuka tentang hal-hal baru dan dapat mengasah hardskill dan softskill  seperti Self Development, Teamwork,Planning & Organizing, Problem Solving dan masih banyak lagi.

 

Wah, ternyata pengalaman magang di Bank BTPN Jenius itu seru ya! Belum lagi dengan bekal pelatihan yang berkualitas, banyaknya ilmu yang didapat, lingkungan kerja yang enak, dan tentunya uang saku yang lumayan banget. Semoga dengan membaca pengalaman ini membuat teman-teman membuat semakin mantap untuk memulai Internship dan mencari pengalaman serta ilmu sebanyak-banyaknya! Jangan berkecil hati lagi dengan minimnya pengalaman yang dimiliki, apalagi sampai tak percaya diri.