january-1st-dare-to-lead-career-camp-by-general-electric-ratih-rachmatika

Dare to Lead Career Camp by General Electric

Perkenalkan nama saya Ratih Rachmatika, mahasiswa semester 3 jurusan Teknik Elektro, Universitas Sebelas Maret. Saya akan berbagi pengalaman saya mengikuti Dare to Lead Career Camp dari General Electric, Indonesia.

” GE telah hadir di Indonesia sejak tahun 1940 sampai hari ini dengan berbagai bidang usahanya yang melayani sektor energi, air, transportasi darat maupun udara, kesehatan dan jasa finansial. GE adalah perusahaan global di bidang infrastruktur, keuangan, dan media yang memenuhi kebutuhan penting dunia.”

 Sesuai kalimat di atas, cakupan usaha GE sangatlah luas. Untuk memenuhi cakupan bidang usaha yang sangat luas tersebut, tentulah dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang cakap dan berkarakter.  General Electric (GE) Indonesia sendiri tidak pernah berhenti untuk berkontribusi dalam mempersiapkan SDM andal untuk menghadapi persaingan di masa mendatang. Salah satu langkahnya adalah dengan Dare to Lead Career Camp. Acara ini berlangsung pada tanggal 28-29 September 2016 di kantor GE yang bertempat di South Quarter, Jakarta. Acara ini bertujuan untuk turut mempersiapkan mahasiswa sebelum menetas ke dunia kerja dan kompetisi global.

Syarat untuk mengikuti ini acara ini  adalah merupakan mahasiswa tahun pertama dan kedua di jurusan teknik, ekonomi dan IT, memiliki prestasi akademik yang baik atau syarat IPK minimal 3.5 , mengikuti kegiatan ekstrakulikurer/organisasi dan kemampuan komunikasi yang excellent. Hal itu membuat saya tertarik untuk mengikuti acara ini. Seleksi untuk mengikuti acara ini adalah dimana kita harus membuat video kreatif berdurasi maksimal 2 menit “Why would you like to be part of Dare to Lead Program?” atau berisi perkenalan singkat dan rencana ke depan kamu mengikuti acara ini.

 

Alasan saya sendiri untuk mengikuti acara ini adalah saya sendiri penasaran hal hal apa saja yang dilakukan GE untuk mempersiapkan calon-calon pemimpinnya di masa depan, mengingat banyak sekali pemimpin pemimpin hebat yang lahir dari Perusahaan besar Amerika ini. Selain itu, saya sangat ingin tahu lebih jauh tentang perusahaan ini dan industri-industri yang dijalankan oleh GE khususnya di bidang energi, karena saya sangat concern di bidang energi terbarukan dan lingkungan.

 

Setelah saya mengirimkan video dan CV yang saya buat , beberapa hari kemudian saya mendapat official invitation untuk mengikuti acara ini di Jakarta. Pihak GE juga akan menanggung semua  biaya akomodasi kamu selama di sana jika kamu terpilih, so don’t worry! :)

Dari sekitar 300+ video yang terkirim, terpilihlah 30 mahasiswa dari 8  Universitas untuk mengikuti acara ini yaitu ITB, ITS, UI, BINUS, UNS, Trisakti, ITENAS, dan Universitas Sampoerna.

 

january-1st-dare-to-lead-career-camp-by-general-electric-ratih-rachmatika-3Di hari pertama , acara dibuka oleh Bapak Rudy Affandy selaku HR Director GE Indonesia. Dilanjutkan sesi  kedua yaitu pemaparan teori tentang Future Leader dan Strengths Finder. Selain itu juga ada game “connect” di awal acara, game ini bertujuan mengenal lebih jauh tentang peserta lain dimana kita harus saling mencari kesamaan dengan orang-orang yang baru pertama kita kenal. Ada juga Game “Lead Out” yang di facilitator oleh Suzanne Lourdes (Human Resouce Leadership Program – GE Malaysia) dan Tracy Yap (Organization and Talent Development – GE Asean)  merupakan sebuah game puzzle, dimana puzzle tersebut diibaratkan sebagai sebuah perusahaan dan setiap potongan puzzle nya diibaratkan sebagai daerah yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang sangat berpengaruh untuk kemajuan perusahaan tersebut. Kemudian di setiap kelompok akan dipilih CEO dan wakilnya, sedangkan anggota yang lain harus mengingat daerah daerah mana saja yang memiliki kelebihan dan kekurangan dari potongan puzzle tadi. Setelah itu, mereka harus membuka potongan potongan puzzle tadi  dengan mempertimbangkan untung rugi perusahaannya. Game ini sendiri bertujuan untuk menuntut pentingnya kerja sama, kepimpinana dan kepercayaan antar anggotanya.

Para peserta juga berkesempatan untuk Lunch dan Dinner bersama para Manager dan General Manager General Electric. Dimana mereka bebas sharing tentang hal apapun dengan situasi yang lebih private dengan para GE Business Leader. Ada juga sharing session “GE Leadership program” tentang bagaimana cara memulai karier dan berkarier di GE untuk ke depannya nanti dari para alumni GE Leadership Program. Sesi terakhir di hari pertama adalah “charting your career” .Para peserta kemudian beristirahat di Hotel Park 5 , Cilandak.

 

january-1st-dare-to-lead-career-camp-by-general-electric-ratih-rachmatika-2 Hari Kedua, acara dimulai pukul 08.00 WIB yaitu career talk session yang diisi oleh Vikram Cardozo (Senior HR Leader GE ASEAN) . Kemudian dilanjutkan perjalanan dari South Quarter Office menuju PT UNINDO. Peserta diajak untuk field trip “Imagination at Work” di salah satu anak perusahaan GE yaitu PT UNINDO Klender, Jakarta Timur. PT UNINDO merupakan perusahaan produsen trafo terbesar di Indonesia. Setelah dibagi menjadi beberapa grup, peserta diajak berkeliling pabrik untuk melihat proses pembuatan trafo.

Acara ini kemudian di tutup dengan Career Plan Workshop di mana para peserta dibimbing untuk membuat rencara karir mereka ke depannya serta sesi foto bersama. Sekitar pukul 17.00 WIB  acara sepenuhnya telah selesai, dan peserta kembali ke kota mereka masing masing.

 

Bagi saya, acara ini sangatlah menginspirasi. Para GE Manager berbagi pengalaman mereka untuk meniti karir dari bawah hingga ke puncak karir mereka, tips and trick , dan motivasi untuk bisa menjadi innovative leaders, selain itu peserta juga mendapat akses  linkedin untuk bergabung dengan para alumni Dare to Lead General Electric dari berbagai negara. Dengan acara ini saya memiliki rancangan karir dan yang lebih jelas ke depannya.

 

Ditulis oleh:
Ratih Rachmatika, mahasiswa semester 3 jurusan Teknik Elektro, Universitas Sebelas Maret