Edulab

Kerja Sama UPI- Edulab

 

Kerja-sama merupakan hal yang harus selalu ada untuk perkembangan suatu organisasi maupun institusi. Hal inipun yang menjadi landasan oleh PT Kreasi Edulab (Edulab) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ketika menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan UPI pada Selasa 7 Februari 2017 di Gedung Direkotrat Mahasiswa dan Akademik UPI. MoU tersebut diwakili oleh Machri Sulthoni, selaku General Manager dari Human Capital Edulab dan Kepala Divisi Kerja sama dan Hubungan Alumni. Direktorat Kemahasiswaan Dr. Joni Rahmat Pramudia, M.Si yang mewakili Direktur Kemahasiswaan UPI, Dr. H. Mufid Hidayat, M.A.

Kerja sama dalam MoU ini diharapkan saling menguntungkan kedua belah pihak dan menjadi awal dari hubungan yang sustainable. Edulab melihat bahswa UPI sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik yang ada di Indonesia yang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan pendidikan Indonesia, dapat memberikan star talent dan alumni terbaik UPI sebagai karyawan yang align dengan visi misi Edulab untuk mencerdaskan generasi muda agar dapat mencapai potensi maksimal di bidang pendidikan. Sudah terdapat 25% dari karyawan yang masuk di Edulab yang merupakan alumni dari UPI pada bulan Februari 2017, diharapkan dengan adanya kerja sama tersebut, dapat lebih banyak terserap mahasiswa UPI di Edulab maupun subunit Edu Global Indonesia lainnya, seperti di Edulab, Edu Global School, Medulab, Velocity bahkan di Eduplex.

Meski kerjasama tersebut merupakan kerjasama antara Edulab dengan UPI, namun pada kesempatan tersebut, Pak Machri menyebutkan bahwa banyak keuntungan lainnya selain dengan Edulab.  “Karena kami merupakan subunit dari Edu Global Indonesia, maka kerja sama antara satu subunit EGI merupakan kerjasama dengan subunit lainnya juga. Misalnya dalam MoU UPI-Edulab ini, mahasiswa lulusan UPI tidak hanya akan diserap di Edulab, namun juga dapat bekerja di Edu Global School, Velocity maupun unit lainnya, jika posisi kerja tersebut linear, sebagai contoh Educator di Edulab dapat juga ditarik menjadi salah satu guru ataupun staff di Edu Global School maupun di velocity. Banyak sekali keuntungannya dengan kerja sama dengan Edulab dan EGI secara general”.

Setelah berjalan selama 10 tahun, Edulab memandang sumber daya manusia sebagai salah satu faktor penting keberhasilan dalam mengantarkan siswa yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri. Educator Edulab berasal dari Peruguruan Tinggi ternama dengan kualifikasi yang baik dan berkualitas. Edulab merupakan lembaga konsultan dan pengembangan pendidikan yang secara inovatif menghadirkan konsep pembelajaran dengan memadukan aspek akademis dan psikologis secara merata dan memberikan pelayanan personal kepada setiap siswa sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki tiap siswa. Saat ini Edulab memiliki 26 cabang yang berpusat di Kota Bandung dan menyebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia,  di antaranya di Medan, Padang, Pekanbaru, Bekasi, Purwakarta, Karawang, Makassar, Surabaya, dan Balikpapan.

Edu Global Indonesia sendiri merupakan konsorsium yang terdiri dari lima subunit bisnis lainnya yang semua bergerak di bidang pendidikan. Lima subunit tersebut adalah Edu Global School (EGS), Edulab, Medulab, Eduplex dan Velocity.  Edu Global School (EGS) adalah lembaga pendidikan formal yang menawarkan konsep pendidikan baru, yaitu mengkombinasikan nilai-nilai holistik dengan wawasan global. EGS menyusun program belajar dan penilaian yang berdasar pada 3 pilar utama: kognitif, karakter yang kuat, serta talent yang berguna. Medical Education Laboratory (Medulab) adalah konsultan pendidikan non formal yang mengakomodasi pemberdayaan sektor kesehatan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik. Medulab menawarkan tiga keunggulan antara lain; kelas kecil, edukator yang kompeten, serta kurikulum yang dievaluasi secara berkala. Kami tidak hanya menyediakan partner belajar untuk persiapan UKDI/UKMPPD, namun juga untuk belajar regular (sehari-hari).  Eduplex mengusung tema pendidikan yang kreatif. Eduplex menawarkan kafe dan co-working space yang nyaman dan dapat menginspirasi ide-ide kreatif untuk anda beserta rekan kerja. Dengan biaya yang terjangkau, coworking space tersebut dapat  diakses 24 jam setiap hari, dan terletak di kawasan strategis di kota anda. Velocity  adalah konsultan pendidikan non formal yang menerapkan konsep baru dalam belajar. Velocity mengkombinasikan sisi akademik dan psikologi dalam metode belajar. Velocity menghadirkan program belajar privat untuk siswa—mulai dari SD hingga tingkat perguruan tinggi.

Rizka Khairani M.A. General Manager Brand and Communications

Brandcomm@edulab.co.id/ 087859547500