Ini Soft Skill yang Dipelajari di Bangku Kuliah agar Sukses dalam Hidup

Bukan cuma belajar mata pelajaran, di sekolah formal kita juga dibekali soft skill agar sukses dalam kehidupan mendatang.

Semua mata pelajaran yang kita pelajari di bangku sekolah nyatanya bukan satu-satunya yang harus dikuasai setelah lulus. Ragam kegiatan di kelas juga membantu kita mengembangkan soft skill yang kamu miliki agar kelak mampu sukses membangun masa depan, terutama ketika kamu sudah menyelesaikan studi dan siap membangun karir yang kamu inginkan.
Dilansir dari laman developmenthabits.com berikut soft skill yang telah kamu pelajari di sekolah bisa menjadi bekalmu di kehidupan.

BEKERJA DALAM TIM
Skill ini wajib kamu miliki di manapun kamu bekerja. Baik di perusahaan ataupun jika kamu memutuskan
untuk menjadi pengusaha.Hal Pada dasarnya membangun bisnis mengharuskan kamu memenuhi tujuan bersama dengan orang-orang yang mungkin memiliki perbedaan dengan kamu. Sementara itu, kesuksesan dalam tim bergantung pada kinerja masing-masing anggota. Itulah di bangku sekokah kenapa kamu kerap kali diharuskan mengerjakan tugas secara berkelompok.

MANAJEMEN WAKTU
Mungkin terkadang kamu merasa kesal saat semua tugas dari kuliah memiliki tenggat waktu yang hampir bersamaan. Namun kondisi ini harus kamu lewati dengan tetap menyelesaikan tugas dengan baik. Bukan hanya karena nilai dari dosen, tapi kondisi ini mendorong kamu memiliki kemampuan manajemen waktu. Sehingga ketika saat kamu di dunia kerja kamu tak lagi merasa kesulitan menyesuaikan diri. Karena ketrampilan membagi waktu telah terbangun jauh sebelum menjadi menjadi pekerja di bidang apapun itu.

KEMAMPUAN BERADAPTASI
Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan penting untuk membangun jalur karir. Kamu perlu memiliki sikap Fleksibilitas. Sikap ini diperlukan mengingat perusahaan semakin hari tumbuh dan mengalami perubahan.
“It is not the strongest or the most intelligent who will survive but those who can best manage change.” Charles Darwin.
Mengaplikasikan yang satu ini memang gampang-gampang susah. Tak jarang ada beberapa rekan kita yang menolak perubahan, sikap ini cukup manusiawi. Namun demikian beradaptasi dengan hal baru sejauh ini paling efektif, apalagi buat kamu yang baru saja beradaptasi di lingkungan kerja. Kemampuan beradaptasi yang baik akan membantumu mudah menyesuaikan diri, sekalipun di lingkungan yang  cukup asing bagimu.

DIPLOMASI
Perguruan tinggi menjadi salah satu wadah untuk mengasah kemampuan diplomasi yang kamu miliki. Di dunia perkuliahan, dimana kamu diberi tempat yang cukup luas untuk berargumen. Melalui praktik yang sering kamu lakukan di kampus kamu bisa terus mengasah kemampuan berdiplomasi. Diplomasi tak hanya berguna saat kamu di dunia bisnis, ilmu menyakinkan orang ini akan banyak kamu perlukan. Apalagi soft skill ini berguna menghindari eskalasi dan gangguan komunikasi.

KETRAMPILAN MENELITI
Saat ini om google menjadi teman paling setia untuk mencari tahu banyak hal. Namun nyatanya saat kamu di dunia kerja ini akan menjadi tugas pokok, oleh karenanya mencari tahu sekilas saja tak cukup, dibutuhkan skill khusus dalam meneliti sesuatu secara mendalam. Jadi jika kamu mengerjakan seluruh tugas penelitian saat di bangku kuliah dengan aturan main yang baik, kamu akan dengan  mudah menyelesaikan semua tugas kantor. Hal ini karena pola fikir yang sistematis telah terbangun dalam pikiran, sejak kamu di bangku kuliah. (Fela).