Infra Ranisetya: Ketika Mimpi, Doa dan Usaha Bersenada

1907784_676422075768639_5690279065625200842_n

Infra Ranisetya, gadis supel yang akrab disapa Infra, kini sedang sibuk bekerja di salah satu bank BUMN, Jakarta. Ia masuk melalui officer development programme pada bank tersebut. Selain meraih peringkat 1 Mawapres UNDIP tahun 2013, ia ingin melanjutkan suatu proyek yang telah ia buat bersama teman-temannya di Semarang, yaitu “I Speak Project” dan Bank Sampah Srikandhi. Mengingat Bank Sampah Srikandhi berhasil terpilih sebagai salah satu dari 19 proyek Jalan Pemimpin, ia pun mulai mengembangkan proyek tersebut khususnya dalam segi bisnis. Dengan dukungan orang-orang yang dia cintai, ia yakin bahwa proyek ini akan berjalan baik. Terutama apabilaproyek ini sesuai dengan passion kita, tentu kita merasa semakin nyaman dan ringan dalam bekerja. Dalam menyeimbangkan prestasi bidang akademik dengan kesibukannya semasa kuliah ketika menjadi penyiar TV maupun radio, mengikuti kegiatan lomba, organisasi, dan sebagainya, Infra selalu berpegang teguh pada perspektif ketika serumit apapun proses yang ia hadapi, selelah apapun dirinya, ia selalu menganggap bahwa itu semua adalah pengalaman hidup yang menyenangkan bagi dirinya karena ia hanya sedang bertamasya. Seperti apa yang Ayahnya tanamkan bahwa “jalani hidup kamu seperti kamu sedang bertamasya…” Jadi, apapun yang kita lakukan, bergembiralah. Karena secapek apapun kamu, sesulit apapun urusan kamu, kalau kita melakukan hal itu dengan hati yang senang, tentu akan ada hal baik yang dapat kita petik sebagai pelajaran berharga.

Sejak kecil, ia pun tidak pernah takut untuk bermimpi, “Dream, learn, act, share and inspire.“Kata-kata itu tertulis jelas dalam pikiran Infra karena sampai ia menjadi seorang Infra yang berhasil seperti ini, ia selalu bersungguh-sungguh atas apa yang ingin ia capai. Contohnya menjadi penyanyi dan siswa teladan. Kenyataannya? Ya, terbukti bahwa mimpi memiliki kekuatan magis yang mampu mendorong seseorang untuk lebih berkembang. Pahit yang ia rasakan ketika kuliah mengajarkan kita untuk harus benar-benar mengatur waktu sebaik mungkin, baik untuk diri kita maupun kepentingan orang lain. Walaupun berujung manis, ia memang mengatakan bahwa hal itu tidak mudah dilalui karena butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan fisik. Bahkan dalam sehari, ia bisa melakukan 4-5 kegiatan berbeda! Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga pola hidup yang seimbang agar tidak kelelahan.

Namun, lagi-lagi rindu, memang ini penyakit sepanjang waktu yang hanya sembuh apabila kita dapat bertemu. Infra mengakui bahwa tempat yang paling spesial dan mendukung ia dalam mendapatkan inspirasi adalah rumah. Bertempat di Temanggung, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, sama sekali tak membuat ia gentar ataupun takut untuk bercita-cita setinggi mungkin. Karena di tempat itulah, ia berani dan memulai untuk bermimpi. “Sejauh apapun saya melangkah, sebagus apapun tempat saya berpijak sekarang, itu tidak akan melebihi betapa mahalnya kebersamaan saya dengan keluarga, betapa teduhnya suasana dengan keluarga hingga saya dapat meraih cita-cita saya seperti ini…” ungkap Infra.

Ia pun sangat optimis terhadap peran pemuda saat ini dengan berbagai prestasi dan rekam jejak yang mereka punya, gunakanlah hal tersebut sebaik mungkin untuk kepentingan bersama. Menurut Infra, melibatkan pemuda dalam kegiatan yang mereka cintai adalah salah satu cara terbaik dalam mendorong para pemuda untuk berkontribusi secara nyata bagi negeri ini. Kita dapat melihat bagaimana minat, kesungguhan, dan keterampilan yang mereka miliki. Dengan semua itu akan mempermudah kita untuk membagi peran dan tanggung jawab mereka masing-masing. Melihat perkembangan pesat dari kota Semarang, ia begitu yakin bahwa kota ini dapat maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas karena peran pemuda dalam membangun komunitas-komunitas lokal yang ada kian berkembang dan menunjukkan arah yang positif bagi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, baik sosial ataupun alam.

Jangan hanya bergantung pada mimpi kamu, Updaters! Kejar dan lakukan yang terbaik untuk meraih mimpi-mimpimu! Belajar tidak terbatas pada buku catatan ataupun ruang kuliah, belajarlah dari siapapun, kapanpun dan dimanapun kamu berada. Ilmu bukan semata-mata nilai kaku pada selembar kertas, tetapi apa yang dapat kita gunakan dari hal-hal tersebut. Dengan berbagi, kita pun dapat lebih memahami sesuatu yang telah kita pelajari. Dan inspirasi, kita pun harus menumbuhkan semangat dalam menginspirasi orang lain supaya mereka dapat melakukan hal yang sama ataupun lebih baik bagi komunitas ataupun lingkungan disekitar mereka. Ingat juga Updaters, seperti kata Kak Infra “dream, learn, act, share and inspire” harus diimplementasikan dalam hidup kita sehari-hari. Kunci dalam mengajak pemuda juga harus dipakai ya, Updaters! Somebody ever said that we don’t just work hard, but work “smart”! Specific, Measurable, Attainable, Reliable, and with Timeframe.

Sumber Gambar: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=676422075768639&set=a.102397813171071.3163.100002025578629&type=1&theater

Author: mega
Kreatif, produktif dan positive thinking (ini harga mati!) :D