Cara Mahasiswa Maknai Hari Kesehatan Internasional

Artikel-tentang-Kesehatan

Organisasi Kesehatan Dunia ( World Health Organization ) adalah salah satu badan dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurus kesehatan di seluruh penjuru dunia. WHO didirikan oleh PBB pada tanggal 7 April 1948. Maka dari itulah, setiap tahun kita memperingati Hari Kesehatan Dunia pada tanggal 7 April. Kegiatan yang dilakukan WHO dalam mengusahakan kesehatan dunia diantaranya adalah mengendalikan penyebaran penyakit yang ganas dan sangat cepat menyebar. Sebagai mahasiswa, baiknya kamu membantu WHO dalam menjaga kesehatan Dunia dengan menjaga kesehatan diri kamu sendiri.

Sebagai mahasiswa, tidak dipungkiri bahwa kita cukup erat kaitannya dengan sakit dan rumah sakit. Hal inilah yang mendorong saya untuk mengajak mahasiswa menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri. Mahasiswa yang lebih banyak memiliki aktivitas di luar ruangan dan bertemu dengan banyak orang, mungkin akan memiliki peluang yang lebih besar terkena penyakit dari orang lain. Nah, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat membantu kamu mahasiswa yang sibuk dalam menjaga kesehatan sehari-hari.

  1. Membawa bekal minum.

Tanpa disadari bahwa membawa bekal minuman kemanapun anda pergi mampu mengurangi resiko tertular penyakit dari orang lain. Mahasiswa umumnya memiliki soladiritas tinggi, biasanya mereka minum bergantian sisi pada gelas yang sama, tanpa kita sadari mungkin salah satu dari teman kita sedang terkena flu atau sakit yang penularannya mungkin melalui air liur, menyeramkan bukan? Membawa bekal minum sendiri mampu menjadi cara yang cukup efektif dalam mengurangi penularan penyakit dari orang lain.

  1. Pastikan SARAPAN setiap hari.

Sarapan itu penting karena hampir seluruh kegiatan mahasiswa di mulai sejak pagi hari. Selain itu, sarapan juga mampu mengurangi emosi yang tidak stabil pada seseorang, meningkatkan konsentrasi otak, dan sesungguhnya banyak sekali manfaat dari sarapan. Biasanya beberapa penyakit yang menyerang lambung bermula dari tidak pernah sarapan, lho. Jadi, biasakanlah sarapan demi menjaga kesehatan tubuh dan pikiran setiap hari, kalau kalian lagi puasa jangan sarapan, ya.

  1. Kurangi “minum kopi”.

Mahasiswa erat kaitannya dengan kopi. Sarapan minum kopi, begadang buat ngerjain tugas minum kopi, nongkrong bareng temen-temen pesennya minuman kopi atau yang beraroma kopi. Tanpa kamu sadari, kopi dapat mengakibatkan susah buang air besar, peningkatan asam lambung, dan peningkatan detak jantung. Seringkali mahasiswa meremehkan hal-hal sepele seperti ini yang sesungguhnya berdampak buruk bagi kesehatan di masa yang akan datang.

  1. Pastikan istirahat pukul 22.00 – 02.00.

Tugas numpuk sampai bikin kamu begadang? Hal wajar sih, tapi balik lagi ke manajemen waktu, kalau memang tugas sangat banyak dan harus diselesaikan secepat mungkin tidak apa mengurangi jam tidur waktu malam, asalkan tidur di jam penting 22.00-02.00 merupakan hal yang sangat baik bagi biologis tubuh. Kurangnya waktu istirahat juga membuat badan menjadi kurang fit sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Sebagai mahasiswa yang aktif dan enerjik, ada baiknya kamu menjalankan empat tips di atas demi menjaga kesehatan diri sendiri. Ingin ikut memperingati Hari kesehatan Dunia? Yuk, jaga kesehatan!

 

Sumber Gambar : Artikel tentang kesehatan.

Author: desi
Graduate from Management -Bogor Agricultural University | Fresh Graduate Trainee Program - Batch 3 Lotte Shopping Indonesia|22 yo