Ada Kebaikan Dibalik Kesegaran ‘Freshasan’

Tak banyak dari kita yang berani mengambil resiko untuk berbisnis di usia muda. Apalagi mengingat tanggung jawab sebagai mahasiswa kadang sudah terasa berat, apalagi ditambah berbisnis? Wow, tentu akan semakin rumit ya Updaters. Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin bagi Hasanuddin Hady Kusuma, pemilik usaha kuliner spesialis sop buah di Semarang. Dengan mempekerjakan puluhan pegawai dan keuntungan bersih mencapai 2 juta pada bulan pertama, hal tersebut menjadi pencapaian luar biasa bagi mahasiswa yang masih tercatat aktif dalam jurusan Manajemen Universitas Diponegoro.

Berangkat dari ide spontan dan ketulusan berbagi kepada orang lain yang membutuhkan, ia bertekad untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang wirausahawan. Pria yang akrab disapa ‘Hasan’ ini memang tidak ingin bekerja sebagai pegawai karena akan lebih bermanfaat apabila kita bisa sukses dengan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Berdiri sejak 11 Juli 2012, tujuan utama berdirinya Freshasan yaitu bukan semata-mata mengejar keuntungan duniawi, tetapi juga memperoleh kesuksesan di akhirat nanti. Salah satunya adalah dengan memberdayakan masyarakat, khususnya para petani, sehingga petani yang semula menjual dagangannya dengan harga minim kepada tengkulak, dapat memperoleh penghasilan yang layak apabila menjual hasil panen mereka secara luas. Menurut Hasan, beberapa cara ia tempuh untuk memasarkan produknya, baik melalui social media yang banyak digandrungi anak muda, mouth-to-mouth dan beragam acara yang ia sponsori. Ia pun secara rutin memberikan berbagai penawaran khusus bagi yang berbuka puasa sunat, berulang tahun, pada hari-hari peringatan tertentu, bahkan bagi pengunjung yang memiliki nama Hasan.

Salah satu tokoh yang menginspirasi Hasan adalah sang Ibu. Ia kagum akan kesungguhan doa, niat dan usaha Ibunya dalam berwirausaha, sehingga hal itulah yang memacu Hasan untuk selalu kreatif dalam menciptakan ide-ide atau inovasi baru seperti sop buah yang dibuat berbeda dari yang lain, dengan ditambahkan berbagai jenis topping seperti wafer stick, es krim, dan lain-lain. Kunci sukses yang selama ini ia yakini adalah berbuat baiklah, maka kita juga akan menuai sesuatu yang baik pula. Seperti dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dan meminta restu dari orang tua kita, yakinlah segala hal pasti dimudahkan. Lalu, siddiq atau jujur! Inilah jalan yang menuntun kita ke arah kebaikan. Yang ketiga, tabligh dan amanat! Mengapa demikian? Karena kita akan dipercaya untuk menjadi kedai sop buah yang paling banyak diminati, serta kita pun dapat menciptakan kesan positif tentang sehatnya mengonsumsi buah secara rutin tanpa menguras isi dompet. Dan yang terakhir adalah fathonah atau cerdas, karena wirausaha membutuhkan ide, inovasi atau ciri khas yang membedakan kita dengan produk lain, sehingga produk kita akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Apalagi mengingat usaha di bidang makanan dan minuman yang menjamur dimana-mana, akan sulit bagi kita untuk bersaing, apabila tidak memiliki ciri atau karakter yang khas.

Beberapa menu andalan Freshasan adalah sop buah kuah sereal, sop buah kuah mocca dan sop buah kuah coklat. Tetapi jangan khawatir, sop buah dan menu lainnya juga patut lho untuk dicoba! Selain menyajikan kesegaran, ada pula niat baik Hasan yaitu menyehatkan para pengunjung dengan pilihan menu dan buah-buahan yang berkualitas. Ada pun harga yang ditawarkan berkisar antara 5 ribu sampai 14 ribu rupiah. Perlu dicatat nih Updaters, selain bertempat di Semarang, Freshasan juga dapat kita temui di Jakarta, Purbalingga, Purwokerto, Solo dan Malang. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan ongkos banyak nih sampai ke Semarang untuk menikmati sop buah unik yang satu ini.

Muda, berani dan menginspirasi. Hal itulah yang paling cocok untuk menggambarkan sosok Hasan. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, semoga kita pun termasuk di dalamnya ya, Updaters. Jadi, apakah kalian terdorong untuk berani berwirausaha? Tentukan jawabanmu sekarang! Don’t wait until the miracle is going to happen, live your dream, Updaters!  Whether you think you’re ready or not, just start right now! There’s magic in option you choose.

Author: mega
Kreatif, produktif dan positive thinking (ini harga mati!) :D