15 Pelajaran Hidup yang Mudah Dilupakan

preschooler-clipart-kids-clip-art_1404136786

Sejumlah pelajaran hidup dapat membimbing kita menuju kebahagiaan dan penuh makna. Tetapi, kadang kita lupa akan makna dari pelajaran tersebut. Padahal, pelajaran hidup ini dapat mendorong kita untuk menumbuhkan perasaan positif dan meningkatkan nilai hubungan kita dengan orang lain.

Nah Updaters, berikut adalah sejumlah pelajaran hidup yang dimaksud:

1. Gerakan kecil berarti besar
Terkadang hal sederhana seperti memberikan hadiah kecil, berbagi senyum sambil berjalan, atau menolong orang tua yang akan menyebrang,  bisa memberikan arti tersendiri bagi orang lain. Menjadikan perilaku positif sebagai gaya hidup, dimulai dengan gerakan kecil. Hal itu membuat dunia pun melihat sisi positif yang ada pada diri kita.

2. Diri kita menentukan bagaimana kita memandang tindakan orang lain

Jika kita berpikir negatif mengenai diri kita, kita akan menganggap orang-orang selalu bersikap negatif terhadap kita. Memiliki nilai diri yang baik pada diri sendiri akan menghentikan presepsi itu dan membantu kita melihat tindakan orang lain sebagai hal yang positif, terutama dalam hal membangun kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan diri.

3. Tantang diri kita sendiri
Bila kita berada dalam situasi dan perasaan yang mendukung, solusi tentu bukan hal yang sulit dicari. Bergerak sendiri ke sudut netral dapat membantu kita menemukan keputusan yang membuat kedua belah pihak bahagia dalam waktu yang jauh lebih baik.

4. Jangan percaya begitu saja
Ketika segala sesuatu berjalan sebagaimana mestinya, dan tetap baik, kita lupa bahwa tidak ada hal yang abadi di dunia ini. Jangan percaya begitu saja, hargai apa yang kita miliki karena hal tersebut dapat pergi esok hari.

5. Tidak semua orang akan menyukai kita
Kita bisa menjadi orang yang paling menyenangkan di planet ini, tetapi itu bukan jaminan bahwa tidak akan ada orang yang tidak menyukai kita. Setelah kita menerima dan memahami hal tersebut, sangat mudah untuk kita bergerak maju dan teguh pada pendirian dalam mencapai tujuan hidup.

6. Kita menerima cinta apabila kita merasa pantas untuk mendapatkannya
Jika kita yakin tidak ada yang harus mencintai kita, kita tidak akan melihat cinta yang datang ke arah kita. Namun, apabila kita percaya bahwa kita layak banyak cinta, tentu kita akan melihat dan menerima cinta yang datang ke arah kita.

7. Segala hal terjadi karena suatu alasan
Terkadang kita melihat dunia bertentangan dengan diri kita sendiri, tetapi segala sesuatu terjadi karena suatu alasan. Telah tertulis rencana dari sang Maha Kuasa untuk masing-masing individu, dan kadang-kadang rencana tersebut memiliki beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi.

8. Tersenyumlah
Jika kita tersenyum pada dunia, dunia pun akan tersenyum kembali pada kita.

9. Orang yang kejam bukan berarti kejam, namun mereka terluka
Tidak ada manusia yang terlahir kejam. Mereka yang bertindak kasar terhadap orang lain mencoba untuk mengatasi sakit dalam diri mereka sendiri, jadi bersikap baiklah kepada orang-orang yang memperlakukan Anda secara tidak baik. Mereka membutuhkan sikap baik tersebut, seperti halnya kasih sayang, perhatian, dan sebagainya.

10. Langkah untuk kembali dalam suatu hubungan
Ketika kita berada di tahap awal hubungan, kita tampak terlalu mudah untuk melompat dan kehilangan diri sendiri. Luangkan waktu untuk menjernihkan pikiran kita dan merenungkan bagaimana hubungan yang terjadi. Ini akan membantu hubungan kita dalam jangka panjang.

11. Setiap keberhasilan layak untuk dirayakan
Tak peduli apakah kita memenangkan hadiah Nobel Perdamaian atau hanya selesai mengerjakan PR, luangkan waktu untuk merayakan semua keberhasilan kita.

12. Hilangkan orang negatif dari hidup kita
Untuk menjalani kehidupan memuaskan yang membuat kita merasa baik, kita harus menyingkirkan segala sesuatu yang buruk. Lepaskan orang yang menurunkan daya juang kita dan lihatlah orang-orang yang membantu meningkatkan nilai kehidupan sehari-hari Anda.

13. Lakukan hal yang memberikan hasil maksimal
Pilihlah opsi yang kita percaya akan membantu kita tumbuh secara emosional, spiritual, dan intelektual. Selalu pilih opsi yang dapat memberikan kita hasil maksimal.

14. Kelilingi diri kita dengan orang baik, tetapi fokus pada apa yang kita anggap baik (hal yang kita sukai)
Penting untuk mengetahui sedikit mengenai segala sesuatu dari orang baik di sekeliling kita. Namun, memilih hal-hal yang paling berarti bagi kita dan fokus pada hal tersebut sangat penting untuk memiliki kepentingan yang benar, bukan hanya pengetahuan umum.

15. Ingatkan orang betapa berartinya mereka bagi hidup kita
Mendorong hubungan baik dengan orang-orang dalam kehidupan kita adalah dengan mengingatkan mereka betapa berartinya mereka bagi hidup kita. Kirimi mereka pesan atau email. Menjaga relasi penting untuk memiliki kualitas kehidupan yang baik.

Ingat ya Updaters, If you do a lot of good things, good life will come to you. 15 pelajaran diatas sangat sering kita jumpai, namun tidak begitu banyak dari kita yang menerapkan dan benar-benar memahami apa arti dari pelajaran tersebut. Tentu kita berharap semoga kita dapat memahami maksud dari setiap pengalaman yang kita lalui, sehingga hal tersebut mampu menjadikan diri kita sebagai individu yang bernilai. Pastikan diri kita menjadi individu yang tidak tergilas oleh arus global dan teguh mengembangkan potensi sebagai anak muda yang berjiwa unggul dan kreatif.

Sumber:

http://www.lifehack.org/articles/communication/15-easily-forgotten-life-lessons.html

http://www.clipartpanda.com/clipart_images/kids-kids-clip-art-1-600×444-27462755

Author: mega
Kreatif, produktif dan positive thinking (ini harga mati!) :D